Pertemuan II (Tambahan SIM)

4 (empat) Golongan End User Computing :

  1. Pemakai Akhir Tingkat Menu (menu level end users) : Sebagai pemakai akhir tidak mampu menciptakan perangkat lunak sendiri, tetapi dapat berkomunikasi dengan perangkat lunak jadi (prewritten software) dengan menggunakan menu-menu seperti tampilan berbasis windows
  2. Pemakai Akhir Tingkat perintah (command level end users) sebagai pemakai memiliki kemampuan menggunakan perangkat lunak jadi yang lebih dari sekedar memilih menu. Para pemakaio akhir ini dapat menggunakan bahasa perintah dari perangkat lunak dalam melaksanakan operasi dan logika pada data. Contohnya : Ms Excel
  3. Pemakai Akhir Tingkat Programmer (end users programmers) : Sebagai pemakai akhir dapat menggunakan bahasa-bahasa pemrograman seperti Visual Basic, C++ dll.
  4. Personil Pendukung Fungsional (Functional support personel) : sebagai spesialis informasi dalam arti sesungguhnya, tetapi mereka berdedikasi pada area pemakai tertentu dan melapor pada manajer fungsional mereka.

Spesialis Informasi

  1. Analis Sistem : Bekerja sama dengan pemakai mengembangkan sistem baru dan memperbaiki sistem yang skarang ada. Analis sistem adalah pakar dalam mendefenisikan masalah dan menyiapkan dokumentasi tertulis mengenai cara komputer membantui pemecahan masalah.
  2. Pengelola database : bekerja sama dengan pemakai dan analisis sistem menciptakan database yang berisi data yg diperlukan untuk menghasilkan informasi bagi pemakai.
  3. Programmer : menggunakan dokumentasi yang disiapkan oleh analisis sistem untuk membuat kode instruksi yang menyebabkan komputer mengubah data menjadi informasi yg diperlukan pemakai.
  4. Operator : mengoprasikan peralatan komputer berskala besar

Resiko EUC

  1. Sistem yg buruk sasaranya: pemakai akhir mungkin menggunakan komputer untuk aplikasi yg seharusnya bisa dilakukan secara manual
  2. Sistem yg buruk rancangan dan dokumentasi: Pemakai akhir, walau memiliki pengetahuan yang tinggi ttg komputer, tidak dapat menandingi spesialis informasi dalam hal merancang sistem. Pemakai akhir cenderung mengabaikan mendokumentasian rancangan mereka supaya sistem itu dapat dipelihara.
  3. Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien: apabila tidak ada pengendalian terpusat atas perolehan perangkat lunak dan keras. Perusahaan akhirnya dapat memiliki perangkat keras dan lunak yg tidak kompatible dan perangkat lunak yg berlebihan.
  4. Hilangnya integritas data : pemakai akhir mungkin kuang berhati-hati dalam hal memasukan data kedalam database perusahaan.
  5. Hilangnya keamanan : pemakai akhir mungkin tidak melindungi data dan perangkat lunak.
  6. Hilangnya pengendalian : pemakai akhir mengembangkan sistem, untuk memenuhi kebutuhan mereka tanpa menyesuaikan pada rencana yg memastikan dukungan komputer bagi perusahaan

Sub Sistem CBIS

  1. SIA : Sistem yang memproses aplikasi pengolahan data perusahaan. SIA menghasilkan beberapa informasi sebagai produk sampingan dari proses akuntansi.
  2. SIM : menyediakan informasi pemecahan masalah bagi sekelompok manajer secara umum.
  3. DSS : Sistem penghgasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan manajer dan keputusan harus dibuat oleh manajer.
  4. OA : untuk memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktifitas diantara para manajer dan pekerja kantor melalui alat2 elektronik.
  5. Sistem Pakar : Suatu sistem yang berfungsi sebagai seorang spesialis dalam suatu bidang misalnya sistem pakar dapat menyediakan bagi seorang manajer sebagai bantuan yang sama seperti yg diberikan oleh seorang konsultan manajemen.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: