Mencapai Manajemen Kualitas dalam
Jasa Informasi
- Mengidentifikasi pelanggan jasa informasi
- Mendefenisikan Kebutuhan kualitas Pelanggan
– Mendefenisikan kebutuhan kualitas produk
– Mendefenisikan kebutuhan kualitas jasa
- Menetapkan Metrik kualitas adalah ukuran yang digunakan dalam mengevaluasi tingkat dimensi kualitas yang mencapai oleh tiap upaya sistem
– Metrik kualitas produk informasi
– Metrik kualitas jasa informasi
- Mendefenisikan Strategi Kualitas jasa informasi
– Penerimaan dan Pelatihan
– Pengembangan Sistem Berorintasi Pemakai
Tujuan Keamanan
• Kerahasiaan : perusahaan berusaha melindungi data dan informasinya dari pengungkapan kepada orang2 yang tidak berhak.
• Ketersediaan : tujuan CBIS adalah menyediakan data dan informasi bagi mereka yang berwenang untuk menggunakannya.
• Integritas : semua subsistem CBIS harus menyediakan gambaran akurat dari sistem fisik yang diwakili.
Pengendalian Akses
• Identifikasi pemakai :user mengidentifikasi diri sendiri dengan menggunakan kata sandi/password.
• Pembuktian Keaslian pemakai : pemakai membuktikan hak atas aksesnya. Contoh : Id card/chip/tanda tangan
• Otoritas pemakai : dengan terlewatinya pemeriksaan identifikasi dan pembuktian keaslian, user dapat diberi wewenang haknya untuk membaca dari suatu file, sementara yang lain mungkin diberi wewenang untuk membuat perubahan
Rencana Cadangan
• Pengulangan (Redudancy):perangkat keras, perangkat lunak dan data diduplikasi sehingga jika unit asli rusak, unit cadangan dapat melanjutkan pengolahan.
• Keragaman (Diversity) : sumber daya informasi tidak dipasang dilokasi yang sama. Perusahaan2 besar umumnya menetapkan pusat2 komputer terpisah untuk berbagai area operasi mereka.
• Mobilitas (Mobility) : perusahaan2 kecil membuat perjanjian timbal balik dengan para pemakai lain dari jenis peralatan yang sama sehingga setiap perusahaan dapat menyediakan cadangan bagi yang lain jika terjadi bencana.
Tinggalkan komentar