Pertemuan 14

Mencapai Manajemen Kualitas dalam
Jasa Informasi

  • Mengidentifikasi pelanggan jasa informasi
  • Mendefenisikan Kebutuhan kualitas Pelanggan

Mendefenisikan kebutuhan kualitas produk

Mendefenisikan kebutuhan kualitas jasa

  • Menetapkan Metrik kualitas adalah ukuran yang digunakan dalam mengevaluasi tingkat dimensi kualitas yang mencapai oleh tiap upaya sistem

Metrik kualitas produk informasi

Metrik kualitas jasa informasi

  • Mendefenisikan Strategi Kualitas jasa informasi

Penerimaan dan Pelatihan

Pengembangan Sistem Berorintasi Pemakai

Tujuan Keamanan

Kerahasiaan : perusahaan berusaha melindungi data dan informasinya dari pengungkapan kepada orang2 yang tidak berhak.

Ketersediaan : tujuan CBIS adalah menyediakan data dan informasi bagi mereka yang berwenang untuk menggunakannya.

Integritas : semua subsistem CBIS harus menyediakan gambaran akurat dari sistem fisik yang diwakili.

Pengendalian Akses

Identifikasi pemakai :user mengidentifikasi diri sendiri dengan menggunakan kata sandi/password.

Pembuktian Keaslian pemakai : pemakai membuktikan hak atas aksesnya. Contoh : Id card/chip/tanda tangan

Otoritas pemakai : dengan terlewatinya pemeriksaan identifikasi dan pembuktian keaslian, user dapat diberi wewenang haknya untuk membaca dari suatu file, sementara yang lain mungkin diberi wewenang untuk membuat perubahan

Rencana Cadangan

Pengulangan (Redudancy):perangkat keras, perangkat lunak dan data diduplikasi sehingga jika unit asli rusak, unit cadangan dapat melanjutkan pengolahan.

Keragaman (Diversity) : sumber daya informasi tidak dipasang dilokasi yang sama. Perusahaan2 besar umumnya menetapkan pusat2 komputer terpisah untuk berbagai area operasi mereka.

Mobilitas (Mobility) : perusahaan2 kecil membuat perjanjian timbal balik dengan para pemakai lain dari jenis peralatan yang sama sehingga setiap perusahaan dapat menyediakan cadangan bagi yang lain jika terjadi bencana.

Tinggalkan komentar